Mesin menyala dengan kombinasi bahan bakar dan udara. Agar pembakaran bisa terjadi secara efisien, udara dan bahan bakar harus sebersih mungkin. Itulah sebabnya ada filter untuk membersihkan udara dan bahan bakar sebelum mencapai mesin. Saringan udara mencegah kotoran, debu, serbuk sari dan partikel asing lainnya masuk ke mesin dan menyebabkan pembakaran yang gagal. Filter udara mobil adalah bagian penting dari kerja mesin dan pada dasarnya sangat sederhana untuk dipelihara.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membersihkan dan cara mengganti filter udara mobil tanpa ke bengkel dalam 5 menit.

Hal-hal yang Anda butuhkan

1. Saringan udara baru
2. Kompresor udara
3. Obeng

Cara Pnggantian

Langkah 1 – Cari Dimana Letak Filter Udara

 

Jika Anda tidak mengetahui lokasi filter udara, lihat buku manual mobil Anda. biasanya pada mobil baru memiliki penutup mesin di atasnya, Anda harus membukanya terlebih dahulu untuk bisa mengakses filter udara. Lokasi bervariasi antara mobil satu dengan mobil yang lain. Sebagian besar mobil menggunakan saringan udara berbentuk persegi panjang, sementara mobil SUV yang lebih besar menggunakan filter udara berbentuk melingkar (seperti donat). prinsip dalam kedua kasus tetap sama. Lepaskan saringan, bersihkan dan masukkan kembali ke slotnya.

Langkah 2 – Lepaskan saringan

Unit filter udara dilindungi oleh penutup yang diamankan dengan bantuan klip atau sekrup. buka klipnya maka akan dengan mudah penutup filter udara akan terlepas dan akan memberi Anda akses ke filter udara. Anda perlu melepaskan unit saringan udara untuk membersihkan atau menggantinya. Tutup kembali tutupnya, setelah Anda melepaskan saringan udara untuk menghindari debu masuk ke dalam mesin.

Langkah 3 – Periksa Kondisi Filter

 

Saringannya pasti kotor dan tersumbat tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Saringan udara terbuat dari kapas, kertas atau kasa dan pasti akan robek setelah digunakan secara terus menerus. bila terdapat retakan, sobekan atau noda yang luar biasa pada saringan. maka saatnya mengubah filter dengan filter yang baru, harga filter udara tergantung pada modelnya.

Langkah 5 – Bersihkan filter Udara

 

Jika saringannya cukup bagus, Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan kompresor udara, udara bertekanan akan lebih efektif karena bisa menyingkirkan kotoran-kotoran yang menempel di saringan. bersihkan saringan dengan baik paling tidak memakan waktu satu menit. Anda perlu membersihkan atau membersihkan saringan pada setiap tiba waktunya servis.

Langkah 6 – Ganti dengan filter baru

Jika Anda diharuskan membeli filter baru, pastikan Anda membandingkannya dengan filter lama anda untuk memastikan apakah anda sudah mendapatkan yang benar sesuai modelnya atau tidak. Tempatkan saringan udara sesuai dengan letaknya dengan sisi karet menghadap ke atas. lalu tutup penutupnya di bagian atas dan kencangkan dengan klip atau sekrupnya.

Kapan saatnya mengganti filter udara dengan yang baru?

Idealnya dianjurkan untuk mengganti saringan udara Anda setelah 40.000 km untuk yang terawat dan dengan penggunaan di medan yang tak begitu berdebu. Jika Anda tinggal dalam kondisi berdebu yang ekstrim, Anda mungkin harus menggantinya pada jarak 20.000 km atau lebih tergantung kondisi fisik filter itu sendiri, ganti filter Anda setidaknya setelah satu setengah tahun setelah anda membeli mobil. Simpanlah pemeriksaan kondisi filter udara Anda di setiap melakukan servis kendaraan, jika filter harus diganti dengan yang baru tentu akan meningkatkan performa dan efisiensi mobil Anda, tarikannya juga pasti lebih enteng.

Perlukah upgrade ke Sistem Intake Udara Dingin (Cold Air Intake System)?

 

Itu ide yang bagus adalah meng-upgrade unit filter udara Anda ke sistem asupan udara dingin. Meski sedikit mahal, Anda akan berakhir menghemat dalam jangka panjang. Sistem asupan udara dingin memberikan udara padat yang lebih dingin ke mesin yang akan lebih mudah terbakar dan menambah performa dan akselerasi mobil, yang juga menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan. Apalagi Anda tidak perlu membersihkan saringan udara sesering seperti filter biasa. Namun kemungkinan akan lebih banyak debu masuk ke mesin. Sebagian besar Cold Air Intake System lengkap dengan peralatan pembersihnya sendiri dan Anda harus membersihkannya setelah 40.000 km.